Cara Mengatasi Touchscreen Android Error Dengan Mudah

Rabu, 06 Januari 2016
Cara Mengatasi Touchscreen Android Error Dengan Mudah - Saat ini semua jenis smartphone seperti Windows Phone, Android, iOs, Blackberry kini sudah menanamkan layar sentuh atau biasa disebut dengan touchscreen. Hal ini tentu sangat berguna bagi kita selaku pengguna smartphone dalam mengoperasikan gadget, namun juga dapat mengalami berbagai masalah dan error yang akan dirasakan.

Cara Mengatasi Touchscreen Android Error Dengan Mudah

Munculnya error pada layar sentuh dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Mulai dari rusaknya komponen LCD, RAM yang terlalu penuh, retak, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa cara mengatasi tochscreen error di Android yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Error

1. Restart
 
Restart merupakan jalan terbaik untuk membuat layar sentuh bekerja secara optimal kembali. Sebaiknya restart ponsel secara manual saja agar sistemnya tidak mengalami kerusakan. Caranya matikan hp Android selama kurang lebih 10 menitan, kemudian hidupkan kembali ponsel tersebut. Pemberian waktu 10 menit ini bertujuan agar komponen layar dapat menyesuaikan diri.

2. Error terlalu sensitif dan lambat


Apabila touchscreen ponsel Anda masih bisa digunakan tetapi lemot atau bahkan sensitif, silahkan atur kalibrasinya dengan menuju ke Setting > Display > Calibration. Setelah itu cek sensitivitasnya dengan menggunakan kode kombinasi *#*#2664#*#*.


3. Lakukan Factory Reset

Apabila layar benar-benar sudah tidak bisa digunakan, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan Factory Reset atau reset ke pengaturan awal. Akan tetapi Anda perlu ingat cara ini dapat membuat semua data yang ada dalam ponsel terhapus. Nah agar data tidak ikut terhapus, silahkan pindah atau backup ke komputer atau PC.


Masing-masing merek Android memiliki cara yang berbeda-beda untuk melakukan Factory Reset. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda pakai (coba satu per satu) :
  • Volume Up + Home + Power
  • Volume + Down
  • Home + Power
Setelah menekan tombol diatas, kemudian cari Wife Data atau Factory Reset dengan menggunakan bantuan tombol volume down/up. Jika sudah ketemu pilih dengan menekan tombol home. Kemudian pilih “Yes delete all user” lalu tunggu hingga proses selesai. Mudah kan? 

Baca Juga: Cara Menyadap SMS, Whatsapp, dan Line di Android

Saya rasa cukup sekian tips kali ini tentang Cara Mengatasi Touchscreen Android Error Dengan Mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini jika dirasa berguna untuk anda. Sampai jumpa.
loading...
Back To Top